Kamis, 29 September 2011

Peranan Bahasa indonesia

Bahasa Indonesia adalah bahasa resmi warga Negara Indonesia , walaupun dinegara kita terdapat beraneka ragam bahasa, tetapi kita harus menghormati bahasa Indonesia sebagai bahasa kesatuan. Bahasa Indonesia mulai diresmikan pada tanggal 28 oktober 1928 pada saat pembacaan sumpah pemuda, dimana perkumpulan pemuda dari berbagai daerah diindonesia berkumpul untuk menyatukan Indonesia.
Bahasa Indonesia merupakan bahasa melayu yang di adaptasi. Bahasa Indonesia yang kita gunakan sekarang adalah bahasa Indonesia yang sudah di sempurnakan , hal ini untuk memudahkan penggunaan bahasa Indonesia.

Penggunaan bahasa Indonesia juga membuat bahasa Indonesia makin diakui oleh Negara lain, sejak mulai ramai pemberitaan mengenai globalisasi bahasa Indonesia mulai tidak popular dikalangan anak muda, banyak yang lebih memilih bahasa inggris atau bahasa asing lainnya. Banyak juga yang masih memakai bahasa daerah masing-masing.
Hal ini dapat menyebabkan bahasa Indonesia makin terkikis dan menghilangkan keberadaannya. Seharusnya kita harus melestarikan bahasa Indonesia dan menggunakannya sehari-hari. Bahasa Indonesia juga merupakan alat pemersatu bangsa dan merupakan indentitas bahwa kita adalah warga Negara Indonesia.
Bahasa dapat juga menjadi Kontrol sosial,sebagai contoh pada saat ceramah, pidato atau dakwah, disana bahasa sangat menjadi poin penting, dimana jika sang penceramah menggunakan bahasa yang baik dan benar maka pendengar akan merasa bahwa apa yang di sampaikan adalah benar. Dapat juga jika sang penceramah menggunakan bahasa yang aga kasar makan pendengar akan bosan dan tidak mendengarkan.
Bahasa juga merupakan salah satu ciri dari kebudayaan, jika bahasa sudah terkikis maka kebudayaan pun akan semakin menghilang, oleh sebab itu marilah kita menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, agar bahasa pemersatu Indonesia kita tidak hilang, dan kebudayaan Indonesia pun terjaga.
Meskipun bahasa Indonesia resmi, tetapi banyak juga masyarakat yang masih menggunakan bahasa daerah masing-masing, dan itu merupakan hal seharusnya dihindari karena akan membuat semacam halangan bagi masyarakat lainnya, misalnya jika kita ingin bergabung dengan kelompok yang mayoritas menggunakan bahasa daerahnya, maka kita akan bingung karena kita tidak mengetahui apa maksud dari pembicaraan mereka. Oleh sebab itu baiknya kita tidak menggunakan bahasa daerah dan menggunakan bahasa Indonesia.
Bahasa Indonesia juga seharusnya lebih di sosialisasikan oleh pemerintah, sekarang banyak pejabat yang menggunakan bahasa asing dibanding bahasa Indonesia dikarenakan bahasa Indonesia kurang populer di banding bahasa asing. Padahal pejabat atau pemerintah adalah panutan, sebaiknya membuat kebijakan dengan menggunakan bahasa Indonesia agar informasinya lebih dapat ditangkap oleh masyarakat awam.
Oleh karena itu kita sebagai warga Negara Indonesia harus menggunakan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, walaupun sudah mulai zaman globalisasi kita harus tetap mengingat bahasa ibu kita, dan bahasa persatuan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar