Senin, 04 Oktober 2010

Organisasi

Organisasi, hmmm denger kata-kata itu pasti bakalan inget2 jaman SMA, pas waktu ada OSIS.
OSIS merupakan Organisasi pertama yg mungkin kita semua kenal.

nah ngobrol-ngobrol tentang organisasi, gw bakal bahas apa sih itu organisasi, ciri2nya, unsurnya sama arti penting dari organisasi itu apa.

Pertama-tama gw bakal jelasin apa itu organisasi. Kalau menurut artinya organisasi itu berarti "alat", tetapi kalau menurut saya, Organisasi itu adalah sekumpulan individu-individu yang mempunya tujuan dan kepentingan yang sama.

nah ciri-ciri organisasi itu :
1. mempunyai komponen seperti ketua, wakil ketua, sekretaris, bendahara dan anggota.
2. mempunyai kerjasama yang saling menguntungkan.
3. mempunya visi dan misi yg sama.

unsur-unsur organisasi, hmm ini saya ambil contoh menurut Keith Davis, beliau mengatakan bahwa dalam organisasi ada 3 unsur penting.
¤ pertama, partisipasi dalam organisasi itu merupakan keterlibatan mental dan perasaan, bukan hanya semata-mata, keterlibatan jasmaniah.
¤ kedua, kesediaan memberi barang maupun uang atau halusnya sumbangan kepada organisasi merupakan hal yang sukarela untuk kepentingan bersama.
¤ ketiga, unsur terpenting yaitu tanggung jawab, dimana setiap anggota harus mempunyai rasa tanggung jawab terhadap tugasnya masing-masing.

Oleh sebab itu Organisasi sangatlah penting keberadaanya, organisasi merupakan tempat yg cocok untuk meluapkan ide-ide dimana ide tersebut mempunya tujuan yg sama bagi seluruh anggota organisasi.

hanya segitu yg bisa gw share, mudah-mudahan bermanfaat !

Tidak ada komentar:

Posting Komentar